Tautan-tautan Akses

Pemerintah Kanada Putuskan Kurangi Staf Diplomatik di Kuba


Seorang wanita berjalan melintas di depan Kedubes Kanada di Havana, Kuba, 30 Januari 2019 (foto: Reuters/Stringer)

Pemerintah Kanada memutuskan akan mengurangi jumlah staf diplomatiknya di Kuba sampai separuhnya, setelah seorang lagi diplomatnya jatuh sakit.

Kata jurubicara pemerintah hari Rabu, ini meningkatkan jumlah warga Kanada yang sakit di Kuba karena gejala-gejala yang misterius, menjadi 14 orang sejak tahun 2017.

Para diplomat Kanada dan Amerika di Havana mulanya mengeluh karena pusing, sakit kepala dan mual pada musim semi tahun 2017. Pemerintah Amerika mengurangi jumlah staf kedutaannya dari 50 menjadi 18 orang, setelah lebih dari dua puluh orang menunjukkan gejala penyakit aneh yang belum diketahui penyebabnya.

“Karena itu pengurangan staf kedutaan Kanada di Kuba adalah tanggapan yang tepat,” kata pejabat pemerintah Kanada kepada wartawan.

Dutabesar Kuba untuk Kanada, Josefina Vidal mengatakan pemerintahnya menganggap keputusan Kanada itu “tidak bisa dimengerti” , karena tidak akan menyelesaikan misteri penyakit yang diderita staf kedutaannya, dan hanya akan merusak hubungan diplomatik kedua negara.

“Tindakan ini hanya menguntungkan Amerika yang memanfaatkan isu ini untuk menjelek-jelekkan Kuba,” kata Vidal. [ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG