Tautan-tautan Akses

Pemerintah AS, Yayasan Gates akan Investasi $200 Juta untuk Pengobatan Sel Sabit dan HIV


Bill Gates, ketua yayasan Bill dan Melinda Gates (foto: dok).

Pemerintah AS dan Yayasan Bill dan Melinda Gates atau Gates Foundation berjanji hari Rabu (23/10), untuk bersama-sama menginvestasi $ 200 juta dalam empat tahun ke depan untuk membantu perawatan terapi gen yang terjangkau untuk penyakit sel sabit (SCD) dan HIV.

Pemerintahan Presiden Donald Trump mengumumkan niatnya awal tahun ini, untuk mengakhiri epidemi HIV dalam dasawarsa berikutnya dan juga telah mengidentifikasi SCD, yang menjangkiti banyak orang keturunan Afrika, sebagai penyakit yang membutuhkan lebih banyak perhatian.

Terapi gen adalah bidang kedokteran yang relatif baru, dirancang untuk menggantikan gen yang rusak di dalam tubuh dan menyebabkan gangguan. Terapi gen berhasil mengobati kebutaan dan jenis leukemia tertentu. Tetapi perawatannya rumit dan mahal.

Direktur Institut Kesehatan Nasional AS atau NIH, Francis Collins mengatakan, oleh karena itu kerjasama akan difokuskan pada "akses, kemampuan memenuhi permintaan, dan terjangkau" untuk memastikan perawatan tersedia secara global.

NIH dan Gates Foundation bertujuan melakukan uji klinis di Amerika dan negara-negara di Afrika sub-Sahara, dalam tujuh hingga 10 tahun ke depan. (ps/jm)

XS
SM
MD
LG