Tautan-tautan Akses

Mantan Istri Bos Amazon Janji Bagi Setengah Kekayaan untuk Amal


Pendiri Amazon Jeff Bezos dan istrinya MacKenzie Bezos sebelum bercerai, saat menghadiri pesta penghargaan Academy Awards di Beverly Hills, California, 2 Februari 2017.

MacKenzie Bezos, yang beberapa bulan yang lalu menceraikan laki-laki paling kaya di dunia, berjanji menyumbangkan setengah kekayaannya untuk kegiatan amal.

Mantan istri pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos adalah satu dari 19 miliarder baru yang menandatangani Giving Pledge, janji untuk menyumbangkan lebih dari 50 persen kekayaan mereka, demikian menurut organisasi Giving Pledge.

“Saya punya kelebihan uang yang harus dibagikan,” kata MacKenzie Bezos dalam surat yang diterbitkan pada Selasa (28/5). “Pendekatan filantropi akan saya lakukan dengan hati-hati. Ini butuh waktu, upaya, dan perhatian. Tetapi saya tidak akan menunggu. Saya akan terus mengusahakannya sampai tabungan itu kosong.”

Kekayaan pribadi Bezos hampir mencapai $37 miliar, sehingga MacKenzie merupakan orang terkaya ke-22 di dunia, demikian menurut Indeks Miliarder Bloomberg.

Organisasi Giving Pledge dibentuk oleh miliarder Warren Buffett serta Bill dan Melinda Gates pada 2010. Organisasi ini minta orang-orang terkaya di dunia berjanji menyumbangkan setengah dari kekayaan mereka selama hidup mereka atau dalam surat warisan mereka.

Jeff Bezos sendiri, yang kekayaannya ditaksir mencapai $ 114 miliar, belum menandatangani komitmen itu. Tetapi dia mengirim cuitan yang isinya mendukung keputusan mantan istrinya.

“MacKenzie akan menjadi orang yang luar biasa dan bijaksana, serta efektif dalam filantropi, dan saya bangga dengan MacKenzie,” demikian cuitan Jeff Bezos di Twitter.

Miliarder lain yang telah menandatangani Giving Pledge termasuk Elon Musk, raja minyak T Boone Pickens, Michael Bloomberg, Richard Branson, dan salah satu pendiri WhatsApp Brian Acton dan istrinya, Tegan. [jm]

XS
SM
MD
LG