Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah AS Uji Sistem 'Peringatan Darurat' Nasional Lewat Ponsel


Rakyat di seluruh Amerika mendengar ponsel mereka membunyikan alarm secara bersamaan pada hari Rabu (3/10).

Rakyat di seluruh Amerika mendengar ponsel mereka membunyikan alarm secara bersamaan pada hari Rabu (3/10), ketika pemerintah federal untuk pertama kalinya menguji sistem peringatan darurat nirkabel kepresidenan.

Sebelumnya, pihak berwenang meyakinkan publik bahwa ini hanyalah sebuah ujicoba, tetapi untuk keadaan darurat nasional yang sebenarnya, seperti mendeteksi serangan rudal balistik, serangan teroris terpadu atau bahkan letusan gunung berapi yang hebat, nada alarm yang sama akan terdengar.

Mereka yang perangkat selulernya terpasang pada pukul 2:18 siang mendengar nada keras yang unik dan bergetar secara bersamaan. Sebuah kotak pesan muncul di layar mengatakan,: “INI ADALAH SEBUAH UJI Sistem Peringatan Darurat Nirkabel Nasional. Tidak perlu melakukan tindakan apapun.”

Latihan itu telah dijadwalkan untuk 20 September, tetapi ditunda hingga 3 Oktober karena dampak Badai Florence di North dan South Carolina.

Diperkirakan oleh FEMA (Badan Penanggulangan Bencana AS), setidaknya 75 persen perangkat seluler yang ditargetkan atau sekitar 225 juta ponsel di Amerika akan berhasil menyuarakan peringatan dalam periode 30 menit tes ini berlangsung. (ps/jm)

XS
SM
MD
LG