Tautan-tautan Akses

Pemberontak Terkait Al-Qaida Serang Tentara Pemerintah Suriah


Provinsi Idlib, Suriah.

Sebuah organisasi pemantau Suriah mengatakan pemberontak yang dipimpin oleh sebuah kelompok terkait al-Qaida telah melancarkan serangan luas terhadap tentara pro-pemerintah di selatan kubu mereka di provinsi Idlib, Suriah barat.

Media Militer Pusat yang berafiliasi dengan pemerintah Suriah mengatakan tentara dan milisi-milisi sekutunya telah memukul mundur ofensif itu, yang dimulai hari Selasa (19/9) di provinsi Hama, di perbatasan dengan Idlib, dan menewaskan sejumlah pemberontak.

Rami Abdurrahman, kepala Syrian Observatory for Human Rights, yakni organisasi yang mengklaim sebagai pemantau HAM di Suriah yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa serangan udara telah menghancurkan wilayah pertempuran itu. Dia mengatakan serangan tersebut sejauh ini adalah yang terbesar yang dilakukan oleh al-Shamat al-Sham dan sekutu-sekutunya yang terkait al-Qaida, termasuk yang berasal dari Partai Islam Turkistan.

Abdurrrahman mengatakan ribuan pemberontak terlibat dalam serangan tersebut, yang berusaha mencapai kota Hama yang dikuasai oleh pemerintah. [lt]

XS
SM
MD
LG