Tautan-tautan Akses

Pemasok Suplemen China Dihukum 18 Bulan Penjara


Gedung Departemen Kehakiman AS di Washington DC, 28 Januari 2019.

Seorang warga negara China telah divonis 18 bulan penjara di Amerika karena terkait skema penjualan suplemen diet makanan dengan label yang salah ke perusahaan-perusahaan Amerika.

Xu Jia Bao, eksekutif di Shanghai Waseta International Trade Co., juga dijatuhi vonis satu tahun masa percobaan karena menjual bahan-bahan sintetis untuk mengurangi nafsu makan kepada produsen suplemen diet di Amerika yang sudah diakui. Perusahaan Amerika itu sebenarnya adalah seorang informan pemerintah Amerika yang menyamar.

Jaksa penuntut umum mengatakan Xu mengakui bahwa ia dan sejumlah eksekutif lainnya di Waseta tahu bahwa para pengecer utama di Amerika tidak akan menjual suplemen yang diketahui memiliki bahan sintetis untuk mengurangi nafsu makan, seperti DMHA. Xu juga mengakui bahwa ia dan Waseta bertanggungjawab karena memalsukan label DMHA yang dikirim ke Texas.

“Para konsumen harus yakin bahwa produk-produk suplemen diet mengidentifikasi dengan akurat bahan-bahan yang digunakan” ujar Pembantu Jaksa Agung Jody Hunt. “Kami akan dengan giat mengejar dan menuntut mereka yang berupaya mengelak,” tegasnya.

Xu ditangkap pada September 2017 ketika menghadiri pameran dagang suplemen makanan di Las Vegas. [em]

XS
SM
MD
LG