Tautan-tautan Akses

AS

Pelosi: DPR Siap Blokir Upaya Pemakzulan Trump


Ketua DPR AS, Nancy Pelosi berbicara di gedung Capitol hari Rabu (17/7).

Ketua DPR AS, Nancy Pelosi mengatakan panelnya akan menggagalkan upaya seorang Demokrat untuk memakzulkan Presiden Donald Trump.

Resolusi anggota Kongres dari Texas Al Green mengutip kata-kata "rasis" Trump minggu ini yang menganjurkan perempuan anggota Kongres Partai Demokrat untuk kembali ke negara asal mereka. Ia mengatakan Trump tidak layak menjadi presiden.

Pelosi dan para pemimpin partai lainnya khawatir pemungutan suara atas hal itu menyebabkan anggota Demokrat dari distrik yang tidak kuat dukungan Demokratnya harus memberikan suara dan hal itu berbahaya untuk kedudukan mereka.

Kalaupun DPR memutuskan untuk memakzulkan Trump sekarang, Senat yang dikelola Partai Republik pasti akan membebaskannya.

Pelosi mengatakan kepada wartawan, "Kita akan menyingkirkan ini semua sekarang juga".

Upaya Green juga berisiko memperlebar perpecahan antara Demokrat liberal yang ingin segera menyingkirkan Trump dan Pelosi dan lainnya yang ingin memperoleh dukungan publik yang kuat lebih dahulu.

Komentar Pelosi itu disampaikan pada hari Rabu (17/7) selama konferensi pers di Capitol Hill, di mana ia berbicara mengenai resolusi yang disahkan DPR pada Selasa yang mengecam tweet Presiden Donald Trump. (my/jm)

XS
SM
MD
LG