Tautan-tautan Akses

Pelapis Luar Bangunan 34 Gedung Bertingkat di Inggris, Tidak Lolos Uji Keselamatan Kebakaran


Gedung apartemen Grenfell Tower di London yang baru-baru ini terbakar, 23 Juni 2017. (AP Photo/Frank Augstein)

Pelapis luar bangunan di 34 gedung bertingkat di Inggris tidak lolos uji keselamatan kebakaran, demikian menurut pemerintah daerah setempat dan Departemen Urusan Komunitas.

Pejabat-pejabat pemerintah mengatakan contoh-contoh cladding atau pelapis luar bangunan gagal melewati uji keselamatan kebakaran, Sabtu (24/6) yang dilakukan terhadap 34 gedung apartemen di sejumlah kota, termasuk di London, Manchester, Plymouth dan Porthsmouth. Pengujian ini masih akan terus dilanjutkan.

Pengujian dilakukan pasca kebakaran dahsyat baru-baru ini di Grenfell Tower. Pelapis luar bangunan di Grenfell diyakini sebagai hal yang mempercepat terjadinya kebakaran, yang menewaskan sedikitnya 79 orang.

Berita tentang kegagalan dalam uji keselamatan kebakaran itu bersamaan dengan evakuasi 650 kepala keluarga di empat gedung bertingkat di Camden, London, Jumat malam (23/6) karena alasan keselamatan.

Pejabat-pejabat di Camden mengatakan pihaknya menyediakan kamar hotel bagi warga setelah otorita yang berwenang mengurus pencegahan kebakaran mengatakan warga di empat gedung itu tidak aman jika terjadi kebakaran. Mereka yang dievakuasi itu diperkirakan harus tinggal di hotel antara tiga hingga empat minggu, sementara perbaikan dilakukan.

Grenfell Tower dan empat gedung yang penghuninya dievakuasi hari Jumat (23/6) dikelola oleh pemerintah, berbiaya rendah, dan merupakan bagian dari pembangunan perumahan publik.

Pemerintah Inggris memperkirakan ada sekitar 600 gedung bertingkat di seluruh negara itu yang kemungkinan menghadapi masalah yang sama seperti yang dialami penghuni gedung di Camden. [em]

XS
SM
MD
LG