Tautan-tautan Akses

Pekan Ini, Puncak Hujan Meteor Perseid


Seorang pria menyorot lampu ke arah Milky Way saat puncak hujan meteor Perseid di Taman Nasional Mavrovo, di Macedonia, 12 Agustus 2018. (Foto: Reuters)

Hujan meteor terbaik tahun ini akan segera terjadi.

Di belahan bumi utara, pengamat langit akan disuguhi hujan meteor yang memukau mulai Minggu (11/8) malam hingga Senin (12/8) dini hari, serta Senin (12/8) malam, sampai Selasa (13/8) dini hari.

Perseid terjadi ketika Bumi memasuki bidang puing-puing yang ditinggalkan komet Swift-Tuttle. Bumi memasuki bidang puing-puing itu akhir Juli, tapi akhir pekan ini akan menjadi puncaknya, dengan sebanyak 50 meteor melesat setiap jam. Bumi akan keluar dari bidang puing-puing itu akhir Agustus.

Menurut NASA, siaran langsung mengenai hujan meteor dari sebuah kamera di Huntsville, Alabama, akan tersedia di laman Facebook NASA Meteor Watch selepas pukul 8 malam waktu Eastern Time, Minggu (11/8), atau pukul 0000 UTC, Senin (12/8).

NASA mengatakan hujan meteor itu bisa disaksikan langsung dengan mata telanjang, tanpa memerlukan teropong atau teleskop. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG