Tautan-tautan Akses

Pejabat Tinggi Afghanistan Menghilang di Pakistan


Wakil gubernur provinsi Kunar, Afghanistan, Muhammad Nabi Ahmadi (Foto: dok).

Seorang pejabat tinggi Afghanistan menghilang di negara tetangga Pakistan, di mana ia sedang berobat secara pribadi, kata para pejabat mengungkapkannya hari Sabtu (28/10).

Wakil gubernur provinsi Kunar, Afghanistan timur, Qazi Muhammad Nabi, berada di Peshawar sebelum “diculik,” kata keluarganya memberitahu konsulat Afghanistan di kota bagian barat laut Pakistan itu.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas berita penculikan itu.

Polisi setempat mengatakan mereka telah melancarkan penyelidikan setelah menerima informasi dari para pejabat konsulat tetapi mengatakan mereka tidak mengetahuinya dan tidak diberitahu oleh pihak berwenang Afghanistan mengenai kedatangan Nabi di Peshawar.

Satu sumber diplomatik Afghanistan juga mengukuhkan wakil gubernur yang hilang itu berada di Pakistan dengan “paspor biasa” dan mereka juga tidak mengetahui kehadirannya di negara tersebut.

Ada sekitar 3 juta orang pengungsi Afghanistan di Pakistan, separuh dari mereka pendatang gelap. Sebagian besar dari mereka berada di provinsi perbatasan Pakistan, Khyber Pakhtunkhaw. Peshawar adalah ibukotanya.

Sejumlah besar pejabat Afghanistan berasal dari masyarakat pengungsi dan sering berkunjung ke Pakistan untuk menemui keluarga dan mendapat pengobatan.

Kunar, di mana Nabi menjabat sebagai wakil gubernur, merupakan salah satu provinsi yang rawan di Afghanistan yang berbatasan dengan Pakistan. Pemberontak Taliban dan anggota cabang ISIS mempunyai pangkalan di Kunar.

Hubungan antara Pakistan dan Afghanistan telah memburuk belakangan ini karena keduanya tuduh-menuduh mendukung dan melindungi militan anti-pemerintah untuk merencanakan serangan teroris di wilayah lainnya. [gp]

XS
SM
MD
LG