Tautan-tautan Akses

Serba-Serbi Piala Dunia Rusia 2018: 12 Stadion, 11 Kota


Inspektur FIFA, Chris Unger memeriksa Stadion Luzhniki, di Moscow yang akan menjadi tempat perhelatan Piala Dunia FIFA 2018, 5 Oktober 2017. (REUTERS/Sergei Karpukhin)

Rusia bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Dua belas stadion sepak bola yang tersebar di 11 kota telah disiapkan. Berikut informasi seputar stadion-stadion dan kota-kota yang menjadi tempat perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia.

MOSCOW

Ada dua stadion yang menjadi tempat pertandingan Piala Dunia di ibu kota Rusia yang memilik populasi lebih dari 12 juta penduduk.

Stadion Luzhniki, yang menjadi tempat tujuh pertandingan, termasuk pertandingan pembukaan dan final, telah direkonstruksi besar-besaran sejak 2013 untuk menambah kapasitas menjadi 81 ribu tempat duduk.

Stadion Spartak, markas klub sepak bola Liga Premier Rusia yang mengambil nama yang sama, akan menjadi tuan rumah untuk lima pertandingan, termasuk satu pertandingan babak 16 besar

ST PETERSBURG

Butuh waktu satu dasawarsa untuk membangun Stadion Piala Dunia St Petersburg, yang akan menjamu tujuh pertandingan Piala Dunia, termasuk perempat final. Stadion yang juga rumah sepak bola Rusia, Zenit, telah mengalami berbagai masalah dengan lintasan di sekeliling lapangan dan atap yang bocor.

St Petersburg didirikan oleh Tsar Peter Agung pada 1703 dan merupakan ibu kota kerajaan Rusia dulunya. Hingga saat ini, St Petersburg tetap menjadi pusat kebudayaan dan seni.

KAZAN

Kazan Arena diresmikan pada 2013, ketika menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan Summer Universiade. Stadion ini akan menjadi tempat perhelatan enam pertandingan Piala Dunia, termasuk babak perempat final.

Terletak 700 kilometer sebelah timur Moscow, Kazan telah menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara olahraga papan atas pada beberapa tahun terakhir, termasuk Kejuaraan Dunia Olahraga Air 2015 dan Piala Konfederasi.

Stadion Nizhniy Novgorod, Rusia, 19 September 2017.
Stadion Nizhniy Novgorod, Rusia, 19 September 2017.

NIZHNY NOVGOROD

Enam pertandingan termasuk perempat final akan di gelar di stadion baru berkapasitas 45.000 tempat duduk di Nizhny Novgoro, kota dengan populasi terbesar kelima di Rusia.

Nizhny Novgorod terletak 400 kilometer sebelah timur Moscow, pada pertemuan sungan Volga dan Oka.

SOCHI

Stadion Fisht terletak di komplek Sochi Olympic Park. Sebelum menjadi stadion sepak bola, stadion ini menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade Musim Dingin 2014.

Sochi adalah kota tetirah di tepi Laut Hitam, di kaki Pegunungan Caucasus.

KALININGRAD

Pekerjaan konstruksi masih berlangsung di stadion berkapasitas 35.000 tempat duduk yang akan menggelar empat pertandingan penyisihan grup. Stadion ini dibangun di sebuah pulau, di jantung Kaliningrad.

Diapit antara Polandia dan Lithuania, Kaliningrad adalah kota tuan rumah turnamen yang terletak paling barat. Bagian otonom Laut Baltik, yang terkenal dengan nama Jermannya Konigsburg, jatuh ke tangan Moscow pada akhir Perang Dunia Kedua.

VOLGOGRAD

Di bangun di bekas salah satu medan pertempuran paling ganas pada Perang Dunia Kedua, Volgograd Arena yang berkapasitas 45.000 tempat duduk, akan menggelar empat pertandingan babak penyisihan grup.

Volgograd, yang dulu dikenal dengan nama Stalingrad, adalah lokasi monument “The Motherland Calls” untuk memperingati Pertempuran 200-hari Stalingrad, ketika pasukan Soviet menghentikan pergerakan tentara Nazi Jerman.

Logo Piala Dunia FIFA 2018 di Victory park di Volgograd, 20 September 2017.
Logo Piala Dunia FIFA 2018 di Victory park di Volgograd, 20 September 2017.

ROSTOV-ON-DON

Rostov Arena, yang berkapasitas 45.000 tempat duduk dan berlokasi pinggiran Sungai Don, akan menggelar lima pertandingan, termasuk satu dari babak penyisihan 16 besar.

Rostov-on-Don, jalur persinggahan transportasi utama, memiliki populasi satu juta penduduk. Kota ini terletak dekat perbatasan Rusia dengan Ukraina.

EKATERINBURG

Dengan kapasitas 35.000 tempat duduk, Ekaterinburg Arena yang dibangun pada 1950an, telah mengalami perbaikan besar-besaran untuk menggelar empat pertadingan grup.

Terletak di lereng pegunungan Ural, di persimpangan antara Asia dan Eropa, Ekaterinburg adalah kota tuan rumah yang paling timur.

Ekaterinburg Arena masih dalam pengerjaan di Kota Yekaterinburg, Rusia, 18 September 2017.
Ekaterinburg Arena masih dalam pengerjaan di Kota Yekaterinburg, Rusia, 18 September 2017.

SAMARA

Stadion penyelenggara Piala Dunia di Samara akan menjadi tempat empat pertandingan. Satu pertandingan babak penyisihan 16 besar dan perempat final. Pejabat berwenang Rusia mengatakan bahwa pekerjaan konstruksi untuk stadion itu berjalan lambat

Samara, yang terletak 850 kilomenter tenggara Moscow, adalah pusat ekonomi dan transportasi di Sungai Volga.

SARANSK

Empat pertandingan penyisihan akan diadakan di Stadion Saranks yang baru dibangun. Saransk adalah kota penyelenggara Piala Dunia Rusia yang terkecil

Terletak lebih dari 500 kilometer ke arah tenggara Moscow, Saransk adalah ibu kota wilayah Mordovia. [fw/au]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG