Tautan-tautan Akses

AS

Pejabat Kesehatan AS: Pandemi Corona Belum Usai


Direktur Lembaga Nasional Penyakit Menular dan Alergi Amerika Serikat, Dr. Anthony Fauci, saat pengarahan tentang virus corona Covid-19 di Gedung Putih, 6 April 2020. (Foto: AFP)

Pejabat kesehatan Amerika yang utama, Dr Anthony Fauci,menyebut Covid-19 sebagai “mimpinya yang paling buruk.”

Dia mengatakan hal ini pada Selasa (9/6) dalam pertemuan dengan para eksekutif industio bioteknologi.

Surat kabar New York Times mengutip Dr Fauci, Direktur Lembaga Nasional Penyakit Menular dan Alergi, mengatakan hal itu dalam pertemuan yang diadakan dengan organisasi inovasi bioteknologi, atau BIO.

Covid-19 yang disebabkan virus corona adalah penyakit menular yang telah menginfeksi lebih dari tujuh juta manusia dan mengakibatkan kematian lebih dari 408 ribu orang.

Fauci mengatakan, kecepatan perebakan virus itu ke seluruh dunia sangat mencengangkan. Karena biasanya penyakit menular yang merebak secara “efisien” baru akan meluas ke seluruh dunia dalam enam sampai 12 bulan.

“Tapi penyakit ini hanya perlu satu bulan,” katanya, seperti dikutip New York Times.

Sementara itu, pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Maria van Kerkhove berusaha menjelaskan pernyatannya yang menimbulkan kehebohan bahwa penyebaran virus corona oleh orang yang tidak menunjukkan gejala penyakit itu jarang terjadi.

Kerkhove mengatakan, Selasa (9/6), bahwa keterangan sebelumnya dibuat berdasarkan hanya beberapa studi, sehingga tidak memberikan gambaran yang lengkap. Kerkhove sebelumnya mengatakan ada perkiraan antara enam sampai 40 persen orang yang terkena virus corona mungkin disebabkan paparan dari orang yang tidak menunjukkan gejala penyakit itu. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG