Tautan-tautan Akses

AS

Pejabat Brazil yang Baru Bertemu Trump Positif Virus Corona


Presiden AS Donald Trump dan Presiden Brazil Jair Bolsonaro dalam pertemuan di Florida, 7 Maret 2020 lalu.

Direktur Komunikasi Presiden Brazil Jair Bolsonaro hari Kamis (12/3) dinyatakan positif tertular virus corona, hanya beberapa hari setelah mendampingi Bolsonaro dalam pertemuan dengan Presiden Amerika Donald Trump di Florida 7 Maret 2020 lalu.

Pernyataan kantor komunikasi presiden Brazil mengatakan hasil tes medis atas Direktur Komunikasi Fabio Wajngarten menunjukkan ia positif tertular, dan kantor kepresidenan kini mengambil langkah-langkah preventif untuk memastikan kesehatan Bolsonaro.

Wajngarten mendampingi Bolsonaro dalam lawatan tiga hari ke Amerika dan Sabtu lalu (7/3) datang ke resor Mar-a-Lago di mana ia memasang foto dirinya bersama Trump. Video acara itu juga menunjukkan ia berdiri persis di belakang kedua presiden itu ketika mereka menyapa tamu.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh putri Trump, Ivanka, menantunya Jared Kushner, mantan walikota New York Rudolph Giuliani, menteri luar negeri Brazil Ernesto Araujo dan putra Bolsonaro, Eduarto, yang juga anggota parlemen federal.

“Kami makan-makan di Mar-a-Lago, Florida, dengan seluruh delegasi,” ujar Trump kepada wartawan di Ruang Oval hari Kamis. “Saya tidak tahu jika pembantu presiden berada di sana. Tetapi kami tidak melakukan hal yang tidak biasa.”

Wajngarten awalnya menyangkal laporan bahwa ia positif terjangkit virus corona, dengan mengatakan di akun media sosialnya bahwa kesehatannya baik-baik saja. Pernyataan itu mengatakan ia mengkarantina dirinya sendiri di rumah.

Suratkabar lokal Estado de S.Paulo melaporkan Bolsonaro juga telah diuji, hasilnya akan diumumkan hari Jumat (13/3).

Pemerintah Braziltelah memberitahu para pejabat Amerika supaya mereka bisa mengambil langkah-langkah pencegahan, tulis pernyataan itu.

Gedung Putih belum menanggapi pertanyaan tentang perkembangan ini, termasuk soal apakah presiden dan staf seniornya telah diuji medis dan siapa, jika ada, yang berencana mengkarantina diri sendiri mengingat kontak dekat yang dilakukan dengan seseorang yang kini terbukti terjangkit virus itu.

Senator Florida Rick Scott, yang bertemu dengan Bolsonaro di Miami, juga mengatakan akan mengkarantina diri sendiri, meskipun yakin bahwa risikonya yang dihadapinya kecil saja. [em/ii]

XS
SM
MD
LG