Tautan-tautan Akses

AS

Pejabat Alabama: Sekurangnya 23 Tewas Ketika Tornado Menghantam


Foto menunjukkan puing-puing di Lee County, Alabama setelah apa yang tampaknya sebuah tornado melanda kawasan tersebut, Minggu, 3 Maret 2019 (foto: WKRG-TV via AP)

Sekurangnya 23 orang tewas dan banyak lagi cedera setelah tornado kuat melanda seluruh negara bagian selatan AS, Alabama pada hari Minggu.

Pihak berwenang setempat mengatakan sekurangnya dua tornado menghempas selama cuaca buruk melanda di bagian tenggara Alabama. Jumlah korban tewas bisa meningkat ketika tim penyelamat melakukan pencarian pada puing-puing.

"Saya saat ini bisa mengukuhkan 23 kematian," kata Sheriff Lee County, Jay Jones kepada saluran televisi WRBL. "Dan pencarian berlanjut. Kami masih mencari beberapa orang yang dilaporkan hilang,'' Jones menambahkan belum bisa mengatakan berapa banyak yang diyakini hilang.

Rita Smith, juru bicara Badan Manajemen Darurat Lee County, mengatakan sekitar 150 petugas pertolongan pertama melakukan pencarian pada puing-puing setelah badai kuat menghantam. Ia mengatakan banyak rumah hancur atau rusak di Beauregard, sekitar 95 kilometer sebelah timur Montgomery, ibukota negara bagian itu.

Badan Cuaca Nasional telah mengeluarkan sejumlah peringatan tornado untuk Alabama, Georgia, Florida dan South Carolina ketika cuaca buruk melanda wilayah tersebut hari Minggu.

Gubernur Alabama Kay Ivey menyatakan keadaan darurat untuk menyalurkan sumber daya negara bagian ke daerah-daerah yang mengalami kerusakan.

"Doa kita bagi mereka yang tewas akibat badai yang melanda Wilayah Lee hari ini," kata Ivey dalam tweet. "Doa bagi keluarga mereka & semua orang yang tempat tinggal atau usahanya terkena dampak." [my]

XS
SM
MD
LG