Tautan-tautan Akses

AS

Bagian Selatan AS Hadapi Badai, 18 Tewas


Kerusakan akibat tornado di In Cook County, Georgia (22/1). (AP/Brendan Farrington)

Presiden Donald Trump menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang tewas, menggambarkan tornado itu sebagai jahat dan kuat.

Setidaknya 18 tewas akibat cuaca buruk di negara-negara bagian selatan di Amerika Serikat. Peramal cuaca memperingatkan badai yang lebih mematikan akan datang.

Dinas Cuaca Nasional hari Minggu (22/1) mengatakan, Georgia selatan, Florida utara dan sudut tenggara Alabama kemungkinan dilanda tornado kuat, angin kencang dan hujan es.

Empat belas orang tewas dan lebih dari 20 terluka akibat badai dan tornado yang melanda bagian-bagian Georgia selama akhir pekan. Empat tewas di Mississippi akibat tornado hari Sabtu.

Gubernur Georgia Nathan Deal menyatakan keadaan darurat di tujuh distrik di mana terdapat korban tewas, luka-luka dan kerusakan parah akibat badai. Menurut Deal, keadaan darurat "memungkinkan semua sumber daya tersedia'' untuk daerah-daerah yang terimbas.

Presiden Donald Trump berbicara dengan Gubernur Deal hari Minggu, menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang tewas akibat tornado kuat yang melanda negara bagian itu.

Trump menggambarkan tornado itu sebagai jahat dan kuat. Ia menyampaikan komentar itu di East Room Gedung Putih dalam hari kedua jabatannya, dan menambahkan, ia akan berbicara nanti dengan Gubernur Florida Rick Scott.[ka]

XS
SM
MD
LG