Tautan-tautan Akses

Pejabat Afghanistan: Taliban Bunuh 14 Tentara di Herat


ARSIP – Foto yang diambil tanggal 12 Agustus 2018, mayat warga sipil dan pasukan keamanan ditempatkan di rumah sakit di provinsi Ghazni, sebelah barat Kabul, Afghanistan (foto: AP Photo/Mohammad Anwar Danishyar)

Taliban melancarkan serangan terpadu semalam terhadap dua pos militer Afghanistan di provinsi Herat, di bagian barat, menewaskan 14 tentara Afghanistan dan menawan 21 sandera, kata seorang pejabat provinsi hari Jumat. Ini merupakan serangan terbaru dari serangkaian serangan setiap hari yang dilakukan pemberontak terhadap pasukan keamanan nasional Afghanistan.

Anggota parlemen provinsi Herat Najibullah Mohebi mengatakan serangan itu dimulai Kamis larut malam di distrik Shindand. Pertempuran berlangsung enam jam sebelum pasukan bantuan tiba dan menyingkirkan pemberontak yang sebelumnya menangkap 21 tentara.

Akan tetapi menurut juru bicara Kementerian Pertahanan Ghafor Ahmad Jaweed, tentara yang tewas dan cedera berjumlah 10 orang. Perbedaan angka itu tidak dapat segera diverifikasi.

Menurut kepala distrik Shindand Hekmatullah Hekmat, sekitar 200 anggota Taliban ambil bagian dalam serangan tersebut, menggunakan peluncur granat berpendorong roket dan senapan mesin otomatis.

Hekmat mengatakan 30 anggota Taliban tewas dalam pertempuran yang berlanjut secara sporadis di kawasan itu hari Jumat. Sebagian besar terjadi di wilayah yang berlokasi sekitar 12 kilometer dari ibukota distrik itu, Shindand, kemungkinan sebagai bagian dari upaya memutuskan jalan yang menghubungkan distrik itu ke provinsi Herat, tempat penting bagi gerakan Taliban. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG