Tautan-tautan Akses

Militer Pakistan akan Bantu AS Capai Rekonsiliasi dan Keluar dari Afghanistan


Juru bicara militer Pakistan, Mayjen Asif Ghafoor

Militer Pakistan mengatakan, pihaknya mengambil "setiap langkah" yang diperlukan untuk membantu Amerika berhasil mencapai rekonsiliasi politik di Afghanistan dan keluar dari negara yang porak-poranda akibat perang itu "sebagai teman kawasan itu, dan bukan sebagai kegagalan."

Pernyataan itu muncul sehari, setelah utusan khusus AS untuk rekonsiliasi Afghanistan, Zalmay Khalilzad mengunjungi Islamabad, dan mengupayakan kerja-sama dengan kepemimpinan Pakistan dalam upaya baru oleh Washington untuk menghentikan perang yang sudah 17 tahun itu melalui perundingan dengan Taliban.

Juru bicara militer, Mayjen Asif Ghafoor mengatakan kepada wartawan di Rawalpindi, di mana lokasi markas-besar militer berlokasi, bahwa Pakistan telah lama mengimbau penyelesaian konflik Afghanistan itu melalui sarana politik dan proses perdamaian yang diprakarsai Amerika telah memperoleh momentum belum lama ini.

Juru bicara militer itu menambahkan, Amerika mengupayakan kerja sama Islamabad untuk mengajak para pemimpin Taliban terlibat dalam negosiasi perdamaian Afghanistan.

Ghafoor menegaskan lagi pengaruh Pakistan dengan kelompok pemberontak itu telah menurun dalam beberapa tahun ini, tetapi mengatakan Pakistan akan menggunakan "kontak apapun yang kami miliki" untuk memudahkan upaya perdamaian Afghanistan itu. (ps/is)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG