Tautan-tautan Akses

PBB: Sejumlah Besar Pengungsi Suriah Kembali ke Rumah Mereka


Anak-anak Suriah berpose dengan jerigen yang biasa mereka gunakan untuk mengangkut air ke rumah mereka di kawasan al-Mashatiyeh, Aleppo, Suriah, 4 Januari 2017 (Foto courtesy: UNHCR)

Hampir setengah juta orang pengungsi Suriah kembali ke rumah mereka sejak awal tahun ini, sebagian besar untuk memeriksa properti dan kerabat mereka. Angka tersebut merupakan perkiraan yang dilansir PBB.

Badan Pengungsi PBB, UNHCR, Jumat (30/6) menyatakan telah melihat “tren mencolok mengenai kepulangan spontan” tahun ini. Diperkirakan lebih dari 440 ribu pengungsi Suriah di dalam negeri dan 31 ribu pengungsi Suriah di luar negeri telah kembali ke rumah mereka.

Andrej Mahecic, juru bicara badan pengungsi PBB, mengatakan kepada para wartawan hari Jumat (30/6) di Jenewa, bahwa ini menandai “tren dan jumlah yang signifikan.” Ia mengatakan orang-orang yang kembali itu “mencari anggota keluarga mereka, memeriksa properti mereka, dan dalam beberapa hal, ada perbaikan kondisi keamanan yang dianggap nyata di beberapa bagian negara itu.”

Namun ia memperingatkan bahwa mereka yang kembali “hanyalah sebagian kecil saja” dari sekitar 5 juta pengungsi Suriah yang diperkirakan telah meninggalkan negara itu.

Lebih dari 320 ribu orang telah tewas sejak perang saudara Suriah dimulai pada tahun 2011. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG