Tautan-tautan Akses

PBB Kecam Pelaporan Cacar Monyet yang Rasis dan Homofobia


Badan PBB sebut beberapa pelaporan tentang virus cacar monyet sebagai rasis dan homofobia (foto: dok).
Badan PBB sebut beberapa pelaporan tentang virus cacar monyet sebagai rasis dan homofobia (foto: dok).

Badan AIDS Perserikatan Bangsa-Bangsa, Minggu (22/5) menyebut beberapa pelaporan tentang virus cacar monyet sebagai rasis dan homofobia. PBB juga memperingatkan laporan itu memperburuk stigma dan merusak penanggulangan wabah yang sedang berkembang itu.

UNAIDS mengatakan "sebagian besar" kasus cacar monyet baru-baru ini telah diidentifikasi di antara laki-laki gay, biseksual, dan laki-laki lain yang berhubungan seks dengan sesama jenis. Tetapi menurut UNAIDS, penularan cacar monyet kemungkinan besar melalui kontak fisik yang dekat dengan penderita, dan bisa mempengaruhi siapa saja, tambahnya.

Badan PBB itu mengatakan beberapa penggambaran mengenai warga Afrika dan LGBTI "memperkuat stereotip homofobia dan rasis dan memperburuk stigma".

Pada 21 Mei, Organisasi Kesehatan Dunia menerima laporan 92 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi laboratorium dan 28 kasus yang dicurigai dari 12 negara di mana penyakit ini tidak endemik, termasuk beberapa negara Eropa, Amerika, Australia, dan Kanada.

"Stigma dan tudingan merusak kepercayaan dan kapasitas untuk penanggulangan secara efektif selama wabah seperti ini," kata wakil direktur eksekutif UNAIDS Matthew Kavanagh.

"Pengalaman menunjukkan bahwa retorika yang menyudutkan bisa dengan cepat menonaktifkan penanggulangan berbasis bukti dengan memicu siklus ketakutan, menjauhkan orang dari layanan kesehatan, menghambat upaya untuk mengidentifikasi kasus, dan mendorong tindakan hukuman yang tidak efektif."

Gejala cacar monyet termasuk demam, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, kelelahan, dan ruam seperti cacar air di tangan dan wajah.

Belum ada pengobatan, tetapi gejalanya biasanya hilang setelah dua hingga empat minggu. Penyakit ini dianggap endemik di 11 negara Afrika. [my/jm]

XS
SM
MD
LG