Tautan-tautan Akses

PBB Izinkan Pejabat Korea Utara Kunjungi Korea Selatan


Seorang relawan mengambil gambar spanduk besar di Olympic Park menjelang Olimpiade Musim Dingin 2018, di Gangneung, Korea Selatan, 7 Februari 2018.

PBB memberikan pengecualian sanksi terhadap Korea Utara dengan mengizinkan delegasi tingkat tinggi negara itu untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin yang diadakan di Korea Selatan.

Pengecualian tersebut berpengaruh langsung pada Choe Hwi, seorang pemimpin senior Partai Pekerja Korea Utara, yang masuk daftar hitam PBB sejak 2 Juni 2017, dan dikenai larangan bepergian serta pembekuan aset.

Misi PBB untuk Korea Selatan memberitahu komite Dewan Keamanan bahwa delegasi beranggotak 22 pejabat itu diharapkan menghadiri upacara pembukaan Jumat (9/2) dan akan berada di Korea Selatan hingga Minggu (11/2).

Delegasi tersebut termasuk adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, yang masuk daftar hitam Departemen Keuangan AS, namun tidak ada dalam daftar hitam PBB.

Pengecualian PBB itu juga akan memungkinkan delegasi Korea Utara membawa pulang barang mewah impor yang dilarang.

Korea Selatan yang meminta pengecualian tersebut mengatakan kepada komite PBB dalam sebuah surat bahwa kunjungan itu "akan menjadi kesempatan tepat waktu untuk mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea dan sekitarnya." [as/al]

XS
SM
MD
LG