Tautan-tautan Akses

Presiden Korsel akan Bertemu Saudara Perempuan Kim Jong-un


Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bersama saudara perempuannya, Kim Yo-jong (kiri) mengunjungi unit militer di Korea Utara tahun 2015. (Korean Central News Agency/Korea News Service/AP)

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in akan bertemu dengan saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akhir pekan ini.

Juru bicara presiden Kim Eui-kyeom mengatakan pada hari Sabtu (10/2) Moon akan menjamu makan siang delegasi Korea Utara untuk Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang. Delegasi itu beranggotakan antara lain Kim Yo-jong, anggota senior Partai Pekerja yang berkuasa di Korea Utara sekaligus penasihat penting Kim Jong-un, serta Kim Yong-nam, kepala negara seremonial rezim Korea Utara.

Kim Yo-jong adalah orang pertama dari keluarga penguasa lama Korea Utara yang mengunjungi Korea Selatan sejak akhir Perang Korea 1950-1953.

Baca juga: Saudara Perempuan Pemimpin Korut Akan Hadir di Olimpide Musim Dingin

Makan siang hari Sabtu (10/2) akan menjadi puncak upaya diplomatik baru-baru ini antara kedua negara itu yang diawali oleh sambutan baik Presiden Moon terhadap tawaran mengejutkan dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un untuk mengirim atlet-atlet negaranya ke Olimpiade Pyeongchang. Tawaran itu dikemukakan Kim dalam pidato Tahun Barunya.

Delegasi Korea Utara akan tiba di Seoul, Jumat (9/2), untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade pada malam harinya. [uh]

XS
SM
MD
LG