Tautan-tautan Akses

Korut Gelar Parade Militer Jelang Pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korsel


Parade militer di Pyongyang, Korea Utara, Kamis, 8 Februari 2018.(KRT via AP Video).

Korea Utara menyelenggarakan parade militer di Pyongyang hari Kamis (8/2), satu hari sebelum acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan.

Sumber-sumber pemerintah di Seoul menyatakan puluhan ribu orang berpartisipasi atau menghadiri parade tersebut dan berkumpul di Lapangan Kim Il-sung untuk memperingati 70 tahun militer di negara terkucil itu.

Korea Utara biasanya memperingati tanggal 25 April sebagai hari dibentuknya pasukan revolusi pertama di negara itu oleh pendiri rezim di sana, Kim Il Sung, yang juga kakek pemimpin yang sekarang ini, Kim Jong-un. Tetapi pemerintah bulan lalu mengumumkan tentang dimajukannya perayaan itu menjadi 8 Februari, tampaknya dalam upaya menarik perhatian internasional sebelum beralih ke upacara pembukaan Olimpiade di kota Pyeongchang hari Jumat (9/2).

Pawai militer di Korea Utara biasanya menampilkan barisan tentara dan jajaran senjata baru dalam arsenal mereka, tetapi belum jelas apakah senjata juga akan menjadi bagian dari pawai hari Kamis ini (8/2).

Baca juga: Korut akan Gelar Parade Militer Sehari Sebelum Pembukaan Olimpiade Korsel

Kim Jong-un mengirim satu delegasi besar ke Korea Selatan untuk ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, termasuk saudara perempuannya, seorang anggota senior di Partai Pekerja yang berkuasa di Korea Utara, serta 22 atlet yang akan berbaris bersama rekan-rekannya dari Korea Selatan di bawah bendera bersama. Tawaran mengejutkan Kim untuk mengirim delegasi dalam pidato Tahun Barunya disambut dengan penuh semangat oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. [uh]

XS
SM
MD
LG