Tautan-tautan Akses

PBB: ISIS lakukan Kejahatan Serius di Mosul


Seorang polisi Irak di kota Mosul yang telah dibebaskan dari kekuasaan ISIS (foto: ilustrasi).

Sebuah laporan baru Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengungkapkan bahwa kelompok militan negara Islam (ISIS) melakukan kejahatan internasional yang serius seperti penggunaan warga sipil sebagai perisai manusia selama kampanye sembilan bulan militer Irak untuk membebaskan kota Mosul.

Laporan yang dipublikasikan hari Kamis (2/11) oleh bantuan PBB untuk Misi ke Irak dan Kantor Komisaris Tinggi untuk Hak Asasi Manusia PBB itu didasarkan pada kesaksian para saksi mata.

Laporan tersebut mendokumentasikan penculikan massal warga sipil, penembakan yang sengaja dilakukan terhadap tempat tinggal warga sipil dan penargetan secara acak terhadap warga sipil yang berusaha melarikan diri dari kota itu.

Mosul jatuh ke tangan ISIS dalam hitungan hari pada tahun 2014, namun kampanye untuk merebut kembali kota itu berlangsung selama hampir sembilan bulan. Pertempuran yang didukung oleh serangan udara dari koalisi pimpinan Amerika itu mengakhiri wilayah kelompok ekstremis yang menyebut diri sebagai kekhalifahan itu. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG