Tautan-tautan Akses

PBB Ajukan Permintaan $2 Miliar Bantuan Kemanusiaan untuk Atasi COVID-19


Sekjen PBB António Guterres

Sekjen PBB Antonio Guterres, Rabu (25/3) mengajukan permintaan bantuan 2 miliar dolar untuk negara-negara paling rentan di dunia dalam mengatasi pandemi virus corona.

“COVID-19 mengancam seluruh umat manusia, sehingga kita semua harus melawannya," kata Guterres kepada wartawan dalam konferensi pers online. “Tindakan masing-masing negara saja tidak akan cukup,” tambahnya.

Dana tersebut dapat membantu 40 negara berkembang paling rentan selama sembilan bulan ke depan karena mereka akan menghadapi perebakan virus yang merusak saluran pernapasan dan berpotensi mematikan itu.

"Dunia hanya sekuat sistem kesehatan yang paling lemah," Guterres memperingatkan. “Jika kita tidak bertindak tegas sekarang, saya khawatir virus ini akan akan terus bercokol di negara-negara yang paling rentan, sehingga seluruh dunia juga menjadi rentan karena pandemi akan terus menyebar, tanpa menghiraukan batas-batas negara.”

Bantuan bernilai $2 miliar akan mendanai rencana enam pasal untuk meningkatkan kesadaran publik tentang langkah-langkah yang diperlukan guna memperlambat penyebaran virus, termasuk menjaga jarak secara sosial dan aktif mencuci tangan. Juga penambahan alat uji tes virus corona, sekaligus perawatan bagi orang-orang yang paling berisiko menderita penyakit parah itu juga akan ditanggung.

Rencana tersebut juga mengalokasikan sejumlah dana yang substansial untuk melindungi para pekerja kesehatan dan kemanusiaan di garis depan. [mg/ii]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG