Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Setujui Pengunduran Diri Kardinal Wuerl 


Paus Fransiskus memberkati umatnya saat membaca doa Angelus tengah hari, dari jendelanya yang menghadap alun-alun Santo Petrus, di Vatikan, 7 Oktober 2018. (Foto: dok).

Paus Fransiskus telah menyetujui pengunduran diri Kardinal Washington Donald Wuerl yang terimbas skandal pelecehan seksual yang mengguncang Gereja Katolik Roma.

Kardinal Donald Wuerl, Uskup Agung Washington, di St. Mathews Cathedral, Washington, 15 Agustus 2018. (Foto: dok).
Kardinal Donald Wuerl, Uskup Agung Washington, di St. Mathews Cathedral, Washington, 15 Agustus 2018. (Foto: dok).

Awal tahun ini, Wuerl menggantikan Kardinal Theodore McCarrick, Uskup Agung Washington DC, yang dituduh berperilaku seksual tidak senonoh.

Akan tetapi Wuerl diawasi karena caranya menangani kasus-kasus pelecehan seksual sewaktu ia menjadi uskup Pittsburgh, Pennsylvania, antara tahun 1988 dan 2006.

Grand jury di Pennsylvania Agustus lalu mendapati bahwa lebih dari 300 rohaniwan Katolik melakukan pelecehan seksual terhadap sedikitnya 1.000 anak-anak selama 70 tahun ini dan para pemimpin gereja berusaha sekuat tenaga untuk menutup-nutupinya.

​Wuerl membantah tuduhan grand jury bahwa ia melindungi rohaniwan yang melakukan pelecehan. Wuerl mengatakan ia bertindak dengan “hati-hati, dengan memperhatikan para korban dan untuk mencegah tindak pelecehan pada masa mendatang.”

Wuerl yang akan berusia 78 tahun bulan November, secara teknis mengajukan permohonan mengundurkan diri pada usia 75, usia normal untuk pensiun bagi para uskup dan kardinal. Akan tetapi Paus Fransiskus tidak menyetujui pengunduran diri Wuerl ketika itu. [uh]

XS
SM
MD
LG