Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Dukungan AS Lancarkan Serangan Terakhir Tumpas ISIS


Para tentara Pasukan Demokratik Suriah (SDF) berjalan melintasi puing-puing bangunan dan toko-toko yang hancur di Kota Manbij, Wilayah Aleppo, Suriah, 10 Agustus 2016.

Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS mengatakan Sabtu (9/2) bahwa mereka telah memulai serangan terhadap ISIS untuk menumpas enklave atau daerah kantong terakhir yang dikuasai kelompok militan itu di Suriah timur.

Mustafa Bali, seorang juru bicara SDF, mencuit Sabtu, "#SDF mulai bergerak ke desa terakhir yang masih dikuasai para jihadis. Desa Baghuz, yang merupakan kantong #ISIS satu-satunya yang tersisa, akan segera dibebaskan."

"Pertempurannya sangat sengit," kata Bali kepada Associated Press. Dia tidak mengatakan berapa lama SDF memperkirakan pertempuran akan berlangsung.

SDF, yang didukung serangan udara koalisi pimpinan AS, memerangi ISIS di wilayah seluas 4 kilometer persegi yang mencakup Baghuz dan dekat dengan perbatasan Irak.

Para pejabat SDF dan Pemantau HAM Suriah yang berbasis di Inggris memperkirakan ada sekitar 3.000 jihadis ISIS, kebanyakan orang asing, di wilayah itu. Pemantau itu juga memperkirakan ratusan warga sipil masih berada di wilayah itu. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG