Tautan-tautan Akses

AS

AS Minta Sekutu Siap Hadapi Babak Baru Perang Melawan ISIS


Menteri Luar Negeri Mike Pompeo (tengah) berjabat tangan dengan Menlu Kosovo Behgjet Pacolli pada pertemuan koalisi global melawan ISIS dengan 79 anggota, di Washington DC hari Rabu (6/2).

Amerika sedang berupaya meyakinkan sekutu-sekutunya bahwa pemerintahan Trump tidak meninggalkan mereka atau upaya mereka untuk menghancurkan kelompok teror ISIS, meskipun dalam waktu dekan ini akan melakukan penarikan pasukan Amerika dari Suriah.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo hari Rabu (6/2) menyampaikan pidato pada koalisi global dengan 79 anggota, untuk mengalahkan ISIS, dengan mengatakan “bentuk perlawanan itu berubah,” tetapi tujuan Amerika tetap sama.

“Ini hanya mewakili tahap baru dalam pertarungan lama,” ujar Pompeo dalam pidato pembukaan konferensi di Washington DC itu.

“Penarikan pasukan pada dasarnya adalah perubahan strategi. Ini bukan perubahan misi,” tambahnya. “Pertarungan yang dilakukan adalah yang selama ini dilakukan bersama Anda.”

Presiden Amerika Donald Trump mengejutkan banyak sekutu, mitra-mitranya dan bahkan sejumlah komandan militernya sendiri, ketika pada Desember lalu menyatakan keberhasilan mengalahkan ISIS dan mengumumkan rencana penarikan sekitar 2.000 tentara Amerika di Suriah.

Sejak saat itu Gedung Putih dan sejumlah pejabat tinggi Amerika berupaya mengklarifikasi, yaitu bahwa meskipun kekhalifahan kelompok teror itu berada di ambang kehancuran, Amerika memahami bahwa perjuangan melawan kelompok itu sendiri belum berakhir.

Dalam pidato kenegaraannya Selasa malam (5/2), Presiden Trump memuji kemajuan dalam perang melawan ISIS, tetapi menegaskan kembali seruannya untuk menarik pasukan Amerika dari Suriah.

Meskipun demikian belum jelas kapan penarikan pasukan itu akan dilakukan.

Pejabat-pejabat pertahanan mengatakan sebagian peralatan telah dipindahkan dari Suriah. Tetapi penarikan pasukan Amerika masih dirumuskan dengan bantuan sekutu dan mitra Amerika di lapangan, seperti Pasukan Demokratik Suriah SDF. (em)

XS
SM
MD
LG