Tautan-tautan Akses

Pasukan Pemberontak dan Turki Maju ke Dalam Kota yang Dikuasai ISIS


Gambar cuplikan dari rekaman video yang diberikan oleh Jaringan Berita Baladi, media milik oposisi Suriah menunjukkan para pejuang oposisi Suriah menembakkan senjatanya dalam bentrokan dengan pasukan Suriah dan penembak pro-pemerintah (9/2). Al-Bab, Provinsi Aleppo, Suriah. (foto: Baladi News Network, via AP)

Pemberontak Suriah yang mendapat dukungan Turki merebut kota al-Bab yang terletak tidak jauh di sebelah utara Aleppon dari ISIS.

Dengan dukungan pasukan Turki, pemberontak Suriah maju ke kota al-Bab yang dikuasai ISIS, tidak jauh di utara Aleppo, kata pemantau.

Pemantau hak azasi Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan pasukan oposisi menguasai sebuah rumah sakit sementara mereka maju ke dalam kota itu.

“Pasukan Turki yang bersekutu dengan pemberontak dalam operasi Tameng Efrat memasuki pinggir barat kota itu dan menguasai sejumlah daerah,” kata pemantau tersebut.

Kota itu telah dikepung sejak hari Senin. Pasukan anti-ISIS menguasai bagian utara kota itu menjelang Kamis pagi dan kedua pihak telah terlibat dalam pertempuran berat sejak itu.

Hari Jumat, pasukan pemerintah maju ke jarak kira-kira 1,5 kilometer dari pinggir selatan kota tersebut sementara pasukan Turki datang dari utara.

ISIS merebut al-Bab tahun 2014 saat merebut bagian yang luas wilayah Suriah dan Irak untuk menegakkan apa yang disebutnya kekhalifahan. Turki memulai operasi untuk menghalau ISIS dari Suriah bulan Agustus. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG