Tautan-tautan Akses

Pasukan Keamanan Afghanistan Selamatkan Dua Diplomat Pakistan


FILE - Pasukan Keamanan Afghanistan tiba di lokasi bentrokan antara pasukan Taliban dan Afghanistan di Kabul, Afghanistan, 1 Maret 2017

Pasukan Keamanan Afghanistan hari Rabu menyelamatkan dua diplomat Pakistan beberapa minggu setelah mereka diculik di Afghanistan Timur.

Para diplomat itu bertugas di Konsulat Jenderal Pakistan di kota Jalalabad, Afghanistan dan sedang kembali ke negara mereka pada tanggal 16 Juni ketika mereka dinyatakan hilang. Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas penculikan para diplomat tersebut.

"Presiden Ashraf Ghani secara pribadi menelpon Kuasa Usaha Pakistan di Kabul untuk memberitahukan bahwa pasukan keamanan Afghanistan telah menemukan dua pejabat Pakistan tersebut dalam sebuah operasi keamanan," kata Kementerian Luar Negeri di Islamabad.

Kedua pejabat tersebut kemudian diserahkan ke kedutaan dan akan diterbangkan ke Pakistan untuk bertemu dengan keluarga mereka sesegera mungkin, kata kementerian itu. Pakistan berterima kasih kepada pemerintah Afghanistan atas penyelamatan tersebut.

Pernyataan kementerian tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang siapa yang berada di balik penculikan itu atau dimana kedua orang tersebut ditemukan.

Jalalabad adalah Ibukota provinsi Nangarhar yang bergejolak, yang berbatasan dengan Pakistan, di mana gerilyawan Taliban dan militan terkait dengan cabang lokal ISIS juga memiliki benteng pertahanan.

Penculikan pejabat diplomatik dan penyelamatan mereka oleh pasukan Afghanistan terjadi ketika hubungan antara Kabul dengan Islamabad telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir ini.

Kedua negara memiliki perbatasan yang panjang dan kerap saling tuduh mensponsori serangan teroris di kawasan mereka masing-masing. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG