Tautan-tautan Akses

Taliban Tewaskan 26 Tentara Afghanistan


Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa kerusakan setelah bentrokan dengan militan Taliban di Kandahar, Afghanistan selatan (foto: ilustrasi).

Para pejabat Afghanistan mengukuhkan hari Rabu (26/7) serangan Taliban telah menewaskan 26 tentara pemerintah dan 13 lainnya luka-luka di provinsi Kandahar, Afghanistan selatan.

Serangan tadi malam di daerah Khakrez menyasar pangkalan Tentara Nasional Afghanistan, ANA, kata pernyataaan resmi yang mengutip juru bicara Kementerian Pertahanan Dawlat Waziri.

Ia mengatakan pertempuran yang diakibatkannya juga menewaskan dan melukai 80 orang lasykar Taliban yang melakukan serangan.

Para komandan angkatan udara setempat mengatakan kepada para wartawan serangan udara mendukung pasukan darat yang memaksa pemberontak mundur dan helikopter militer kemudian mengangkut tentara yang luka ke rumah sakit di dekatnya.

Taliban kabarnya melarikan senjata dan peralatan militer lain.

Seorang jurubicara Taliban mengklaim mereka merebut pangkalan tentara itu setelah menewaskan 74 tentara Afghanistan dan menangkap 6 lainnya.

Tidaklah mungkin memeriksa kebenaran klaim kedua pihak secara independen.

Sementara itu, ratusan orang pemberontak Taliban melancarkan serangan pagi hari ke tengah daerah penting di provinsi Noortitan, Afghanistan timur.

Kepala daerah Wantwigel, Rahmatullah Rehmat mengatakan kepada VOA pertempuran sengit berkobar di daerah itu dan semua pos keamanan terpencil pemerintah mengalami serangan.

Pernyataan Taliban mengklaim lasykarnya merebut pos keamanan terpencil utama sekitar daerah itu, yang menjatuhkan korban besar di pihak pasukan keamanan Afghanistan.

Pertempuran saat ini sedang terjadi 200 menter dari bagian tengah daerah tersebut, katanya.

Kelompok pemberontak telah merebut daerah di Afghanistan timur itu tiga kali dalam 15 tahun ini, tetapi pemberontak tidak dapat menguasai daerah itu dalam waktu lama dalam serangan balasan yang dilakukan oleh pasukan pemerintah Afghanistan. [gp]

XS
SM
MD
LG