Tautan-tautan Akses

Pasukan Keamanan Nigeria Selamatkan Lebih dari 300 Anak Sekolah yang Diculik


Orang tua dari siswa sekolah menengah Ilmu Pemerintah yang hilang menunggu berita tentang anak-anak mereka di Kankara, Nigeria, Selasa, 15 Desember 2020. (Foto: AP)

Gubernur negara bagian Katsina Nigeria mengatakan pasukan keamanan, Kamis (17/12), berhasil menyelamatkan hampir 350 anak sekolah yang diculik di barat laut negara itu. Anak-anak yang diculik tersebut dibawa ke hutan.

Belum jelas apakah semua anak laki-laki yang hilang telah ditemukan.

"Saya pikir kami telah memulihkan sebagian besar anak laki-laki," kata Gubernur Aminu Bello Masari dalam wawancara televisi dengan saluran negara NTA, sebagaimana dikutip dari kantor berita Reuters.

Beberapa jam sebelumnya beredar sebuah video online yang konon menunjukkan militan Islam Boko Haram dengan beberapa anak laki-laki. Reuters tidak dapat segera memverifikasi keaslian rekaman tersebut, anak laki-laki, atau siapa yang merilisnya.

Boko Haram pada tahun 2014 melakukan penculikan terhadap lebih dari 270 siswi sekolah di kota Chibok di timur laut.

Jumat malam lalu, orang-orang bersenjata menggerebek Sekolah Menengah Sains Pemerintah di Katsina dengan sepeda motor dan menggiring anak laki-laki ke hutan Rugu.

Masari mengatakan total 344 anak laki-laki yang ditahan di hutan telah dibebaskan di negara bagian Zamfara yang berdekatan. Dia tidak mengatakan berapa banyak yang hilang atau bagaimana mereka dibebaskan. [ah/au]

Recommended

XS
SM
MD
LG