Tautan-tautan Akses

Dirilis, Video yang Diduga Menunjukkan Penculikan Siswa Laki-laki Nigeria


Para orang tua siswa sekolah menengah Ilmu Pemerintahan yang hilang, menunggu kabar tentang anak-anak mereka di Kankara, Nigeria, Selasa, 15 Desember 2020.

Rekaman video yang dirilis Kamis (17/12) diduga menunjukkan sebagian dari ratusan siswa laki-laki Nigeria yang baru-baru ini diculik kelompok militan Boko Haram.

Video, yang tersebar luas di beberapa media sosial itu, memperlihatkan sekelompok anak laki-laki di kawasan hutan, memohon kepada aparat keamanan untuk meninggalkan daerah tersebut.

Kantor berita Reuters dan AFP belum dapat mengkonfirmasi keaslian video itu. Akan tetapi AFP melaporkan menerima rekaman itu pada saluran yang sama yang sebelumnya digunakan oleh Boko Haram.

Awal pekan ini kelompok jihadis itu mengaku bertanggung jawab atas penculikan pada 11 Desember di bagian barat laut Nigeria, namun tidak memberikan bukti. Jika klaim Boko Haram itu sahih, keberadaan kelompok itu di negara bagian Katsina, Nigeria barat laut, menunjukkan Boko Haram telah memperluas aktivitasnya ke wilayah baru.

Tas sekolah siswa yang diculik dari Sekolah Menengah Ilmu Pemerintahan terlihat di dalam ruang kelas mereka di Kankara, Nigeria, Rabu, 16 Desember 2020.
Tas sekolah siswa yang diculik dari Sekolah Menengah Ilmu Pemerintahan terlihat di dalam ruang kelas mereka di Kankara, Nigeria, Rabu, 16 Desember 2020.

Dalam video itu, yang dilengkapi logo Boko Haram, seorang remaja tampak linglung dikelilingi oleh sekelompok besar anak laki-laki. Ia menyatakan bahwa dirinya merupakan salah satu dari 520 siswa yang diculik oleh "geng Abu Shekau".

Serbuan pada Jumat lalu terhadap sebuah sekolah di pedesaan Kankara itu adalah yang pertama yang dikatakan dilakukan penjahat yang telah meneror daerah itu selama bertahun-tahun.

Boko Haram kemudian mengaku bertanggung jawab atas serangan yang terjadi ratusan kilometer dari lokasi awal kelompok itu satu dekade lalu di Nigeria timur laut. [mg/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG