Tautan-tautan Akses

Pasukan Afghanistan Rebut Kembali Daerah Strategis di Selatan


ARSIP - Sebuah kendaraan militer berpatroli di kawasan Babaji di provinsi Lashkar Gah Helmand, Afghanistan, 8 Mei 2016 (foto: REUTERS/Abdul Malik)

Pasukan keamanan Afghanistan, dengan dukungan penasehat dan kekuatan udara Amerika, telah menghalau pemberontak dari daerah di bagian selatan yang sangat strategis, sembilan bulan setelah Taliban merebutnya.

Seorang jurubicara militer daerah itu, Wali Mohammad Ahmadzai, mengatakan kepada VOA bahwa Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional (ANDSF) memasuki daerah Nawa di provinsi Helmand, Afghanistan selatan, Senin pagi dan menegakkan kekuasaan pemerintah di daerah itu setelah dua hari pertempuran sengit dengan Taliban.

Ia mengatakan serangan udara Amerika tadi malam terhadap tiga pangkalan penting Taliban di daerah itu menewaskan lebih dari 20 orang pemberontak dan mempermudah pasukan Afghanistan merebut kembali kekuasaan di tengah daerah itu.

Taliban belum menanggapi klaim kemenangan resmi.

Ahmadzai mengatakan operasi penggeledahan dan pembersihan sedang dilakukan di daerah itu dimana pemberontak telah memasang banyak ranjau sekeliling sarana penting.

Ia berjanji akan memberi keterangan mengenai korban yang diderita oleh kedua pihak, dengan mengatakan Taliban telah kehilangan puluhan lasykarnya sejak pasukan Afghanistan melancarkan serangan besar-besaran hari Sabtu untuk merebut kembali Nawa. [gp]

XS
SM
MD
LG