Tautan-tautan Akses

Parlemen Israel Kemungkinan Pertimbangkan Bebas Tuntutan bagi Netanyahu


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara dengan media di Airport City dekat Tel Aviv, Israel, 27 Desember 2019. (Foto: Reuters/Amir Cohen)

Parlemen sementara Israel, Senin (13/1) menyetujui komisi untuk memutuskan apakah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu harus bebas dari tuntutan dugaan korupsi.

Komisi harus memutuskan apakah akan mengirim pertanyaan mengenai pembebasan tuntutan ke seluruh parlemen yang disebut Knesset itu. Sebagian besar anggota parlemen sekarang ini adalah lawan Netanyahu yang cenderung menolak permohonan atas kekebalan hukumnya.

Netanyahu didakwa dengan beberapa tuduhan, termasuk menerima hadiah mewah dan memperdagangkan bantuan politik untuk liputan berita positif. Dia menyebut dirinya korban dari kesalahan politik yang dicari-cari.

Pengadilan korupsi tidak dapat dimulai sampai pertanyaan mengenai pembebasan tuntutan diselesaikan. Netanyahu telah bertaruh untuk memenangkan mayoritas di parlemen dalam pemilihan Maret, yang kemudian akan memberinya kekebalan.

Pemilihan Maret nanti akan menjadi yang ketiga kalinya dalam setahun dimana Netanyahu dan pemimpin oposisi Benny Gantz akan berhadapan. Tidak ada yang bisa mendapat cukup dukungan dari parlemen untuk membentuk pemerintahan dalam dua pemilihan sebelumnya. [ps/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG