Tautan-tautan Akses

Para Penyelam ALRI Temukan 'Kotak Hitam' dari Puing-puing Lion Air


Kepala Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional Muhammad Syaugi (tengah), memegang perekam data penerbangan dari jet Lion Air yang jatuh, di atas kapal penyelamat yang berlabuh di perairan Tanjung Karawang, Indonesia, Kamis, 1 November 2018. (Foto: dok).

Para penyelam angkatan laut Indonesia mengatakan mereka telah menemukan salah satu “kotak hitam” dari puing-puing pesawat Lion Air Nomor Penerbangan JT-610, yang jatuh ke Laut Jawa hanya beberapa menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Senin pagi.

Para penyelam, Kamis (1/11) mengatakan mereka menemukan salah satu perekam di pesawat itu dari dasar laut dan membawanya ke permukaan.

Awak pencari telah bekerja sepanjang waktu untuk menemukan badan pesawat jet Boeing 737 MAX 8 itu dan mencari perekam suara kokpit pesawat dan perekam data penerbangan, yang berisi informasi penting tentang penerbangan singkat pesawat itu, termasuk komunikasi terakhir pilot dengan pemandu lalu lintas udara, ketika pilot minta izin kembali ke bandara.

Pihak berwenang hari Rabu mengatakan mereka percaya telah mengetahui secara pasti posisi badan pesawat nahas itu, yang menghilang dari layar radar setelah lepas landas dalam penerbangan ke Pangkal Pinang.

Seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 189 tewas dalam kecelakaan itu. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG