Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin NATO Bertikai di Tengah Peringatan 70 Tahun


Seorang pria melintas di depan papan iklan pertemuan pemimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Grove di Watford, Inggris, 3 Desember 2019.

Pertemuan para pemimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di London, yang menandai peringatan ke-70 aliansi itu, menjadi awal yang sulit pada Selasa (3/12). Pasalnya, Amerika Serikat, Perancis dan Turki bertikai mengenai pembagian beban dan masa depan aliansi itu.

Para pemimpin NATO menghadiri resepsi pada Rabu (4/12) yang digelar oleh Ratu Inggris di Istana Buckingham.Sebelumnya, Presiden Donald Trump dan Presiden Perancis Emmanuel Macron berselisih mengenai nasib pejuang ISIS asing yang ditahan di Suriah.

Trump mengatakan, tekanan dari AS berarti anggota NATO sekarang membelanjakan lebih banyak untuk pertahanan - dan aliansi itu harus menangani berbagai ancaman.

Presiden Trump menambahkan: "Banyak orang mengatakan itu dimaksudkan untuk melihat Uni Soviet, sekarang Rusia. Tetapi kami juga melihat hal-hal lain, apakah itu terorisme Islam radikal, atau pertumbuhan luar biasa China."

Ketegangan di dalam NATO akan memuncak. Bulan lalu Turki mengabaikan keberatan NATO dan tetap melancarkan serangan terhadap pejuang Kurdi di Suriah utara. [ps/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG