Tautan-tautan Akses

Para Ahli WHO Akui Covid-19 Dapat Menyebar Lewat Udara


Ketua Komite Teknis WHO, Dr. Maria Van Kerkhove
Ketua Komite Teknis WHO, Dr. Maria Van Kerkhove

Para ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (7/7) mengakui semakin banyak bukti bahwa virus corona dapat menyebar melalui udara dan sedang mempersiapkan laporan singkat tentang hal itu.

Dalam briefing rutin Badan PBB di Jenewa, Ketua Komite Teknis WHO Dr. Maria Van Kerkhove mengatakan, WHO telah dihubungi oleh lebih dari 200 pakar kesehatan bulan April 2020 dan menyerukan agar PBB serta badan dunia lainnya mengakui bahwa virus corona dapat menyebar di udara.

Kerkhove menyatakan komite yang dipimpinnya bersama kelompok itu sedang menyusun laporan ilmiah tentang apa yang diketahui tentang penularan virus melalui udara tersebut.

Koordinator WHO untuk pencegahan dan pengendalian infeksi, Profesor Benedetta Allegranzi, mencatat, walaupun ada petunjuk tentang perebakan virus lewat udara, hal tersebut belum bisa dipastikan.

DirJen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pandemi itu terus meningkat dan belum mencapai puncaknya. Tedros mencatat diperlukan waktu selama 12 minggu bagi dunia untuk mencapai angka 400.000 infeksi COVID, tapi akhir pekan ini saja, tercatat lebih dari 400.000 infeksi terjadi di seluruh dunia. [mg/ii]

XS
SM
MD
LG