Tautan-tautan Akses

Pantai Timur AS Bersiap Hadapi Badai Henri


Sebuah rumah pantai di pantai East Matunuck di South Kingstown ditutup untuk menghadapi Badai Henri Sabtu, 21 Agustus 2021. (Foto: AP/Stew Milne)
Sebuah rumah pantai di pantai East Matunuck di South Kingstown ditutup untuk menghadapi Badai Henri Sabtu, 21 Agustus 2021. (Foto: AP/Stew Milne)

Badai Henri masih ratusan kilometer jauhnya, Sabtu (21/8) malam, tapi mampu menggagalkan "Konser Homecoming" di Central Park New York City. Konser itu rencananya diadakan untuk "memberitahu masyarakat bahwa New York City sudah bangkit," kata Wali Kota Bill de Blasio pada Jumat (20/8).

Penampilan Barry Manilow terhenti sementara para pengunjung diberitahu untuk meninggalkan taman dengan tenang tapi segera. Musisi lain yang hadir adalah Bruce Springsteen, Paul Simon, Jennifer Hudson, Carlos Santana, LL Cool J dan Andrea Bocelli.

Perintah Evakuasi bagi Pulau Fire New York dan beberapa permukiman di pantai Connecticut dikeluarkan Sabtu (21/8) malam . Badai Henri diperkirakan akan mengenai daratan Minggu (22/8) tengah hari, kemungkinan di Long Island New York, bukan di New England, kata para peramal dari Pusat Badai Nasional Sabtu (21/8) malam.

Peringatan badai meluas sekitar 400-kilometer dari New Bedford, Massachusetts, hingga Pulau Fire New York. Namun angin kencang dan gelombang pasang berbahaya diperkirakan akan terjadi dari Cape Cod, Massachusetts, hingga ke pantai Jersey, yang berjarak 500 kilometer. Perusahaan listrik memperingatkan listrik bisa padam hingga seminggu atau lebih. [vm/ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG