Tautan-tautan Akses

Pangkalan Militer AS Diserang, Irak Ancam ‘Tindakan Keras’


Tentara Irak berjaga dekat jet tempur F-16 milik Irak di Pangkalan Udara Balad, utara Baghdad, Irak, 13 Februari 2018.

Militer Irak, Rabu (19/6), mengatakan sedang menyelidiki serangkaian serangan roket misterius terhadap pangkalan militer yang menampung personel Amerika dan lapangan minyak yang terkait perusahaan raksasa minyak Amerika, ExxonMobil.

Pernyataan pemerintah Irak itu muncul sementara roket yang tidak diketahui dari mana, Rabu pagi, menghantam dekat markas operasi ExxonMobil di provinsi Basra, Irak selatan.

Sel Media Keamanan Irak mengatakan satu roket Katyusha mendarat di distrik al-Barjasiya di Basra barat. Tidak diungkap informasi tentang para pelaku tetapi dikatakan tiga pekerja terluka dalam serangan itu.

Setelah serangan itu, Exxon Mobil mengevakuasi 20 karyawan asing, Sky News Arabia melaporkan, mengutip pejabat lokal yang namanya tidak disebut.

Ini serangan kelima sejak akhir pekan lalu dilaporkan serangan roket dekat instalasi yang menampung personel Amerika.

Jumat (14/6) lalu, Kementerian Pertahanan Irak mengatakan tiga roket menghantam pangkalan udara Balad di Provinsi Saladin, disusul serangan roket pada hari yang sama di distrik al-Jadryah, dekat kedutaan besar Amerika.

Sel Media Keamanan Irak melaporkan serangan serupa terhadap pangkalan militer al-Taji di Baghdad utara pada Senin (17/6) lalu dan Istana Presiden di Mosul Kamis lalu. Para pejabat keamanan Irak mengatakan serangan-serangan itu tidak menimbulkan korban atau kerusakan besar.[ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG