Tautan-tautan Akses

Panda di Kebun Binatang Berlin Diperkirakan Hamil


Panda betina Meng Meng sedang melahap bambu di kandangnya, di kebun binatang di Berlin, Jerman, Jumat, 5 April, 2019. (Foto: dok).

Sejumlah pakar mengatakan, mereka sangat yakin seekor panda betina berusia enam tahun bernama Meng Meng di kebun binatang di Berlin, Jerman, sedang hamil.

Meng Meng diketahui kawin pertama kali dengan panda jantan Jiao Qing yang berusia sembilan tahun April lalu. Ia juga dilaporkan menjalani inseminasi buatan untuk meningkatkan kemungkinan hamilnya. Meng Meng kini terlihat memiliki perut membuncit, bertambah berat badannya, terkesan lemah, dan mengalami perubahan hormon.

Menurut The Leibniz Institute for Zoo and Wildlife Research, yang mengawasi panda betina itu secara reguler, Meng Meng diperkirakan akan melahirkan satu atau dua ekor bayi panda pada akhir Agustus atau awal September. Jika perkiraan ini benar, anak-anak Meng Meng adalah bayi panda pertama yang dilahirkan di Jerman.

Thomas Hildebrandt, seorang pakar di lembaga itu mengatakan, Rabu (14/8), gejala-gejala yang menunjukkan kehamilan sering ditunjukkan panda raksasa, namun belakangan kerap terbukti tidak benar. Ia mengatakan, timnya saat ini 85 persen yakin bahwa Meng Meng sedang hamil. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG