Tautan-tautan Akses

Pakistan Pilih Perempuan Dalit Pertama untuk Senat


Krishna Kumari Kohli terpilih sebagai anggota Senat Pakistan, Senator pertama dari minoritas Hindu kasta rendah.

Krishna Kumari Kohli terpilih hari Minggu (4/3) sebagai anggota Senat Pakistan, menjadi Senator pertama dari minoritas Hindu kasta rendah di negara yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Kohli, 39, adalah seorang Dalit - kasta paling rendah dalam sistem kasta Hindu tradisional, yang masih ada di India dan Pakistan.

Anggota parlemen dan majelis provinsi Sabtu memilih untuk mengisi kursi-kursi majelis tinggi parlemen atau Senat. Pemilu untuk majelis rendah akan berlangsung musim panas ini.

Liga Muslim Pakistan - Nawaz (PML-N) yang berkuasa memenangkan 15 dari 52 kursi yang diperebutkan, sehingga kini menguasai 33 kursi Senat yang beranggotakan 104 orang. PML-N kemungkinan akan memenangkan mayoritas di majelis tinggi dengan dukungan partai-partai sekutunya.

PPP, partai yang mendukung Kohli, yang juga partai mendiang perdana menteri Benazir Bhutto yang dibunuh, memenangkan 12 kursi, dan partai mantan pemain kriket Imran Khan, Tehreek-e-Insaf, mendapat enam kursi.

Berasal dari sebuah daerah terpencil, keluarga Kohli mendorongnya untuk melanjutkan pendidikan, termasuk mengejar gelar universitas. Dia bekerja untuk sebuah LSM sebelum bergabung dengan PPP, yang mencalonkan dia untuk kursi yang diperuntukkan bagi kandidat minoritas dari provinsi Sindh, di mana PPP memegang mayoritas. [as/ii]

XS
SM
MD
LG