Tautan-tautan Akses

China Bantah Kontak Militan Separatis di Pakistan


Seorang tentara Angkatan Laut Pakistan berjaga pada saat sebuah kapal China penuh muatan akan berlayar dari Pelabuhan Gwadar, 13 November 2016. (Foto: dok).

Sejumlah pejabat China membantah laporan-laporan yang menyebutkan bahwa mereka melakukan kontak dengan militan separatis di propinsi Baluchistan yang rusuh di Pakistan untuk memastikan keamanan proyek-proyek infrastruktur bernilai puluhan miliar dolar yang direncanakan di wilayah tersebut.

Sebuah laporan dari The Financial Times pekan ini mengatakan, pembicaraan rahasia antara kedua pihak telah berlangsung lima tahun dan Beijing telah melakukan kontak langsung dengan militan.

Meski demikian, seorang pejabat tinggi China yang berurusan langsung dengan wilayah itu mengatakan, ia belum pernah mendengar gosip itu. Pejabat itu sendiri tidak ingin namanya diungkapkan di media.

Baca juga: Politisi Pakistan Bantah Pembicaraan China Dengan Separatis Baluchistan

Sher Muhammad Bugti, perwakilan dari kelompok separatis Partai Republik Baluch, juga membantah melakukan perundingan dengan China. Meski demikian sejumlah pemimpin separatis lainnya terkesan ragu mengeluarkan bantahan serupa.

China sedang berencana membangun One Belt One Road, prakarsa pembangunan yang di Pakistan disebut Koridor Ekonomi China Pakistan. Tujuan utama prakarsa itu adalah membangun jaringan jalan dan kereta yang akan menghubungkan Propinsi Xinjiang di China Barat dan Samudera Hindia dengan melalui Pakistan. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG