Tautan-tautan Akses

Pakistan-AS Perselisihkan Komitmen pada Usaha Kontra Teroris


Menteri Dalam Negeri Pakistan, Ahsan Iqbal.

Pakistan dan Amerika masih berselisih mengenai sejauh mana komitmen Pakistan membasmi ekstremis dan sumber dana mereka, menyusul pembicaraan antara kedua pihak di Islamabad minggu ini.

Sementara Amerika terus mendorong Pakistan agar bertindak terhadap kelompok-kelompok yang dikatakannya beroperasi di luar negara itu, melawan negara tetangga, Afghanistan dan India, Pakistan mengkritik Amerika atas tindakan baru-baru ini yang menurut Pakistan justru menyimpang dari tujuan itu.

Menteri Dalam Negeri Pakistan, Ahsan Iqbal, mengeluhkan desakan Amerika baru-baru ini memasukkan Pakistan ke dalam daftar negara yang tidak memiliki mekanisme memadai untuk mengendalikan pendanaan teroris.

Akibat desakan itu, Satuan Tugas Aksi Keuangan, badan pengawas global yang bertemu di Paris pekan lalu, diperkirakan Juni nanti akan menambahkan Pakistan ke dalam daftar negara yang bersikap tidak jelas. Itu bisa merugikan ekonomi Pakistan yang sudah terpuruk dengan meningkatkan pengawasan terhadap transaksi keuangannya dan menambah biaya untuk melakukan bisnis di luar negeri. [ka/ii]

XS
SM
MD
LG