Tautan-tautan Akses

Politisi Pakistan Bantah Pembicaraan China Dengan Separatis Baluchistan


Seorang tentara Angkatan Laut Pakistan berjaga pada saat sebuah kapal China penuh muatan akan berlayar dari Pelabuhan Gwadar, 13 November 2016.

Tidak ada pembicaraan antara China dan kelompok separatis di Provinsi Baluchistan, di Pakistan mengenai perlindungan Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC), kata seorang senator dari provinsi tersebut kepada VOA.

Setelah dilaporkan oleh The Financial Times, beberapa surat kabar di Pakistan mengatakan bahwa China diam-diam mengadakan pembicaraan dengan para militan Baluch (penduduk asli Baluchistan) selama lebih dari lima tahun dalam upaya untuk melindungi proyek infrastruktur senilai $ 60 miliar.

CPEC adalah proyek yang didanai oleh China. Setelah selesai, proyek sepanjang 3.000 km ini akan menghubungkan China dengan Pakistan melalui jalur kereta api, jalan raya dan jaringan serat optik. Melalui CPEC, China akan memiliki akses ke Laut Arab.

Provinsi Baluchistan Pakistan berada di jantung CPEC karena proyek tersebut terbentang antara wilayah Xinjiang China dan pelabuhan Gawadar Pakistan, yang terletak di Provinsi Baluchistan. [as/al]



XS
SM
MD
LG