Tautan-tautan Akses

Oscar 2022 Hadirkan Kategori Film ‘Favorit Penggemar’ yang Dipilih via Twitter


Aktor Jesse Plemons (kiri) dan Kirsten Dunst terlihat dalam potongan adegan dari film "The Power of the Dog" yang masuk nominasi dalam kategori film terbaik di ajang Oscar 2022. (Foto: Netflix via AP/Kirsty Griffin)
Aktor Jesse Plemons (kiri) dan Kirsten Dunst terlihat dalam potongan adegan dari film "The Power of the Dog" yang masuk nominasi dalam kategori film terbaik di ajang Oscar 2022. (Foto: Netflix via AP/Kirsty Griffin)

Ajang Piala Oscar bulan depan akan memasukkan ketagori penghargaan baru, yaitu kategori film “favorit penggemar” alias “fan favorite.” Penghargaan itu akan dianugerahkan kepada film paling populer tahun tersebut yang dipilih oleh pengguna Twitter, kata panitia Oscar pada Senin (14/1). Langkah itu diambil demi memikat pemirsa untuk menyaksikan malam penganugerahan penghargaan, yang jumlahnya semakin turun beberapa tahun terakhir.

Pengumuman – yang akan disampaikan saat penyelenggaraan Academy Awards ke 94 yang disiarkan langsung pada 27 Maret mendatang – disampaikan setelah beberapa film blockbuster dengan banyak penggemar, seperti “Spider-Man: No Way Home” dan “No Time To Die”, gagal meraih nominasi apa pun pada kategori utama, termasuk film terbaik.

Tidak dinominasikannya film-film itu pada kategori utama menimbulkan kekhawatiran bahwa penggemar film tidak akan menonton acara tersebut. Kini, film-film yang dirilis pada tahun 2021 dapat dipilih untuk memenangkan penghargaan pada kategori “favorit penggemar” melalui Twitter dengan menggunakan tagar #OscarsFanFavorite atau melalui situs Academy Awards, sehingga memungkinkan film-film blockbuster meraih Piala Oscar.

Perolehan rating televisi untuk program Piala Oscar semakin merosot beberapa tahun terakhir. Pada penyelenggaraan tahun lalu, yang lebih banyak menganugerahi film-film kecil nan artistik, seperti “Nomadland,” penganugerahan Piala Oscar hanya disaksikan setidaknya 10 juta penonton – turun sebanyak 56 persen dari jumlah penonton tahun 2020 yang merupakan rekor terendah pada saat itu.

Seiring bergesernya kecenderungan para pemilih Piala Oscar dari film-film arus utama, Academy of Motion Picture Arts and Sciences juga telah mencoba berbagai perubahan demi meningkatkan popularitas ajang prestisius Hollywood itu.

Pada 2018, penyelenggara mengusulkan kategori “film populer” Oscar untuk memberikan penghargaan kepada film-film blockbuster, seperti film-film Star Wars atau Marvel, yang meraup jutaan dolar di box office.

Namun usulan itu ditarik kembali setelah para kritikus mencemoohnya. Kini, kategori “favorit penggemar” akan hadir bukan sebagai kategori resmi Oscar.

Patung penghargaan Piala Oscar terlihat dalam acara makan siang bersama antara para peraih nominasi Oscar ke-91 di Beverly Hills, California, pada 4 Februari 2019. (Foto: Invision/AP/Danny Moloshok)
Patung penghargaan Piala Oscar terlihat dalam acara makan siang bersama antara para peraih nominasi Oscar ke-91 di Beverly Hills, California, pada 4 Februari 2019. (Foto: Invision/AP/Danny Moloshok)

Meryl Johnson, wakil presiden pemasaran digital Academy, mengatakan langkah itu dapat “membantu membangun penonton digital yang aktif terlibat dan bersemangat menjelang malam penghargaan tahun ini” dan memungkinkan para penggemar untuk “terlibat dengan acara tersebut secara langsung (real-time), menemukan komunitas dan menjadi bagian dari sebuah pengalaman yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya.”

Siapa Host Tahun Ini?

Para penggemar film dapat memberikan suara mereka maksimal 20 kali per hari hingga 3 Maret. Tiga pemenang terpilih akan diundang untuk memberikan Piala Oscar pada acara tahun depan.

Jajak pendapat terpisah akan meminta penggemar memberi tahu “momen penuh sorak sorai pada film.” Lima film yang paling banyak dipilih – yang disebut sebagai adegan di mana “penonton tidak bisa menahan diri untuk bersorak sorai di bioskop" – akan ditayangkan dalam acara penganugerahan Oscar.

Sementara itu, sejumlah laporan di kalangan wartawan Hollywood pada Senin (14/2) menyebut-nyebut kandidat host atau pembawa acara Piala Oscar tahun ini.

Variety dan Deadline sama-sama menyebut aktor Amy Schumer, Regina Hall dan Wanda Sykes akan berbagi tugas memandu acara.

Pihak Academy tidak memberikan tanggapan apapun.

Stasiun penyiaran ABC bulan lalu memastikan bahwa penyelenggaraan Oscar akan kembali dipandu oleh seorang pembawa acara, setelah terakhir kali dilakukan tahun 2018 oleh Jimmy Kimmel.

Penyelenggaraan tahun berikutnya juga mempertahankan format tanpa pemandu acara dan bahkan disambut pujian dan ditiru oleh ajang penghargaan lain, seperti Emmys. Akan tetapi, penyelenggaraan-penyelenggaraan berikutnya yang tetap tanpa host justru dikritik karena dianggap kurang fokus dan kurangnya konten humor yang disajikan.

Penyelenggaraan Oscar bulan depan akan kembali dilakukan seperti biasa di Dolby Theatre, Hollywood, setelah penyelenggaraan tahun lalu diadakan di stasiun kereta Los Angeles.

Acara tahun ini digelar lebih terlambat, diduga untuk menghindari bentrok dengan Olimpiade Musim Dingin dan Super Bowl. [rd/em]

XS
SM
MD
LG