Tautan-tautan Akses

Orang Tua di AS Berburu Susu Formula Bayi di tengah Kelangkaan yang Melanda


Sebuah penanda yang bertuliskan batas jumlah pembelian susu formula yang dapat dibeli oleh konsumen terpasang di sebuah supermarket di Salt Lake City, pada 10 Mei 2022. (Foto: AP/Rick Bowmer)
Sebuah penanda yang bertuliskan batas jumlah pembelian susu formula yang dapat dibeli oleh konsumen terpasang di sebuah supermarket di Salt Lake City, pada 10 Mei 2022. (Foto: AP/Rick Bowmer)

Para orang tua di seluruh Amerika Serikat berlomba-lomba untuk memperoleh susu formula akibat gangguan pasokan dan penarikan besar-besaran dari pasar demi alasan keamanan telah menyebabkan banyak merek susu terkemuka raib dari rak-rak toko.

Kelangkaan selama berbulan-bulan di apotek dan supermarket diperburuk oleh penarikan dari pasar susu produksi perusahaan Abbott, yang terpaksa menutup pabrik formula terbesarnya di AS pada Februari lalu karena kekhawatiran akan terjadinya kontaminasi.

Pada Senin (9/5), juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Badan Pangan dan Obat-obatan AS (FDA) "bekerja tanpa kenal lelah untuk mengatasi kemungkinan kelangkaan (produk tersebut)."

FDA mengatakan, pada Selasa (10/5), pihaknya sedang bekerja sama dengan produsen AS untuk meningkatkan produksi mereka dan menyederhanakan dokumen untuk memungkinkan impor yang lebih banyak.

Untuk saat ini, dokter anak dan tenaga kesehatan mengimbau orang tua yang tidak bisa memperoleh susu formula agar menghubungi bank makanan atau kantor praktik dokter. Mereka memperingatkan agar tidak mengencerkan formula untuk memperlama persediaan atau menggunakan resep sendiri yang diperoleh dari internet.

"Untuk bayi yang tidak disusui, ini adalah satu-satunya makanan mereka" kata Dr. Steven Abrams, dari University of Texas, Austin. "Jadi susu formula harus memiliki nutrisi lengkap dan, selain itu harus dipersiapkan dengan baik sehingga aman untuk bayi paling muda sekalipun." [my/lt]

XS
SM
MD
LG