Tautan-tautan Akses

AS

Panduan Diet Baru AS: Jangan Beri Permen dan Kue untuk Anak di Bawah 2 Tahun 


Anak-anak makan gulali saat Hari Raya Idul Fitri di South Brunswick Township, New Jersey, 25 Juni 2017. (Foto: Reuters)

Orang tua kini memiliki alasan tambahan untuk menolak permen, kue, dan es krim bagi anak-anak. Pemerintah Amerika Serikat untuk pertama kali merilis pedoman diet bagi bayi dan balita, merekomendasikan pemberian hanya air susu ibu (ASI) untuk setidaknya enam bulan dan tidak memberi anak di bawah usia 2 tahun makanan atau minuman dengan tambahan gula.

Panduan diet baru itu dirilis pada Selasa (29/12).

Pedoman itu berpegang pada saran sebelumnya: batasi tambahan gula hingga kurang dari 10 persen kalori per hari setelah usia 2 tahun. Dan laki-laki harus membatasi minuman beralkohol tidak lebih dari dua gelas per hari, dua kali lebih banyak dari jumlah yang disarankan untuk perempuan.

Pedoman diet dikeluarkan setiap lima tahun oleh Departemen Pertanian dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan. Pemerintah menggunakannya untuk menetapkan standar makan siang di sekolah dan program lainnya.

Yang digarisbawahi tahun ini, antara lain bayi hanya mendapat ASI setidaknya sampai usia 6 bulan. Jika ASI tidak tersedia, mereka harus mendapat susu formula yang diperkaya zat besi dalam tahun pertama. Bayi harus mendapat suplemen vitamin D segera setelah lahir.[ka/pp]

XS
SM
MD
LG