Tautan-tautan Akses

AS

Kamis, Sidang Pembacaan Vonis Orang Kepercayaan Trump


Sketsa persidangan mantan penasihat kampanye Presiden Donald Trump, Roger Stone, di Pengadilan Washington. (Foto: AP)

Kawan dekat dan orang kepercayaan Presiden AS Donald Trump, Roger Stone, akan menghadiri sidang pembacaan vonis oleh hakim federal pada Kamis (20/2). Stone dituduh membohongi Kongres, menghalangi usaha penyelidikan dan berusaha mempengaruhi saksi-saksi.

Kejaksaan telah mengusulkan kepada hakim supaya Stone dijatuhi hukuman penjara antara tujuh sampai sembilan tahun, tetapi Jaksa Agung William Barr dan para pejabat tinggi Departemen Kehakiman justru mengusulkan hukuman penjara yang lebih ringan.

Tiga orang jaksa penuntut umum dalam kasus itu mengundurkan diri sebagai protes dan yang jaksa yang keempat langsung berhenti dari Departemen Kehakiman.

Kini tergantung pada hakim federal, Amy Berman Jackson, berapa lama hukuman penjara untuk Roger Stone.

Sebuah perkumpulan nasional hakim-hakim federal mengatakan akan mengadakan pertemuan darurat untuk membahas kasus Stone itu.

Presiden Trump mengatakan pengadilan atas Stone harus diulang, “dan saya kira hampir semua hakim di negeri ini akan memerintahkan pengadilan ulang, tapi saya tidak tahu apakah Hakim Jackson akan melakukan hal itu,” tambahnya dalam sebuah cuitan.

Hakim Cynthia Rufe, ketua Perkumpulan Hakim-hakim Federal mengatakan, para hakim sangat prihatin atas serangan-serangan yang dilancarkan pada hakim. Hakim Rufe mengatakan asosiasi yang dipimpinnya tidak berminat campur tangan dalam kasus Stone, tetapi jelas mendukung Hakim Jackson. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG