Tautan-tautan Akses

Pusat Riset Pew: Opini Publik Beragam terhadap Penanganan Pandemi COVID-19 di AS dan Eropa


Seorang perempuan menerima suntikan vaksin COVID-19 produksi Oxford-AstraZeneca di Suresnes, dekat Paris (foto: dok). Perancis memiliki tingkat "skeptisisme" warga terhadap vaksin tertinggi di dunia. 
Seorang perempuan menerima suntikan vaksin COVID-19 produksi Oxford-AstraZeneca di Suresnes, dekat Paris (foto: dok). Perancis memiliki tingkat "skeptisisme" warga terhadap vaksin tertinggi di dunia. 

Opini publik beragam mengenai seberapa baik pemerintah di negara-negara Barat menangani pandemi virus corona, demikian menurut survei baru yang dilakukan Pusat Riset Pew. Survei itu juga menanyai sikap masyarakat terhadap vaksinasi wajib.

77% warga Jerman beranggapan pemerintah mereka cukup baik dalam menangani wabah, sementara 58% warga AS mengatakan pemerintah AS melakukan pekerjaan buruk.

Lebih dari 4.000 orang dewasa ditanyai pendapat mereka mengenai penanganan pandemi di AS, Inggris, Perancis, dan Jerman.

Survei itu dilakukan pada November dan Desember 2020, sebelum Presiden AS Joe Biden menjabat pada pertengahan Januari dan ketika program vaksinasi dimulai di AS dan Inggris.

Uni Eropa lebih lamban memulai program vaksinasinya. Sebagian warga mengkritik kebijakan Uni Eropa dalam hal persetujuan dan pengadaan vaksin.

Perancis dan negara-negara Uni Eropa lain telah berargumen prosesnya tidak boleh terburu-buru. Perancis memiliki tingkat "skeptisisme vaksin" tertinggi di dunia.

Sebuah jajak pendapat surat kabar terbaru menunjukkan hanya 40% lebih populasi dewasa yang mau divaksinasi virus corona. Presiden Perancis Emmanuel Macron baru-baru ini menolak seruan untuk mewajibkan vaksin.

Survei Pew itu menanyai para responden mengenai sikap mereka terhadap kewajiban vaksin.

“Di tiga negara di mana kami menanyakan hal itu, kebanyakan orang berpendapat itu bukan gagasan baik," kata salah seorang penulis laporan, Kat Devlin, kepada VOA.

“Sejauh ini, 75% di Perancis tidak menyukai gagasan yang mewajibkan vaksinasi. Inggris adalah satu negara yang lebih menerima gagasan untuk mewajibkan vaksinasi -- 62% menganggapnya sebagai sesuatu yang bisa diterima."

Program vaksinasi itu semakin cepat di Inggris. Lebih dari 12 juta orang telah menerima dosis pertama mereka. Inggris juga mengalami jumlah kematian terbanyak akibat virus corona di Eropa. [vm/ka]

XS
SM
MD
LG