Tautan-tautan Akses

PSBB Berkurang, Restoran, Salon dan Rumah Ibadah di California Kembali Dibuka


Ruang luar sementara untuk restoran dan bar di California Selatan terlihat kosong karena wabah COVID-19 di San Diego, AS, 7 Desember 2020. (Foto: REUTERS/Mike Blake )

Negara bagian California belum lama ini mencabut perintah untuk tetap tinggal di rumah sebagai tanggapan terhadap kondisi pandemi virus corona yang membaik. Kini restoran dan gereja atau rumah ibadah dapat beroperasi kembali.Salon-salon kecantikan juga dapat dibuka di banyak tempat.

Sejumlah restoran di daerah Orange County kini bersiap-siap untuk beroperasi kembali. Para pekerja restoran yang sudah tidak sabar di kota Laguna Beach serta sibuk mempersiapkan pembukaan kembali fasilitas tempat makan di udara terbuka.

Catherine Rinehart, manager restoran “Alessa Little Italy”, sudah mulai memanggil para pegawainya untuk kembali bekerja.

Ia mengatakan bahwa semua pegawainya senang dan merasa lega, bahkan para pelanggan sudah mulai menelpon dan menanyakan kapan mereka akan buka. Jadi kini Catherine hanya menunggu perintah resmi dari pemerintah untuk kembali buka.

Sementara itu, Lucy Delgadillo general manager restoran “230 Forest Avenue” yang letaknya tidak jauh, telah menyapu bersih pintu masuk restorannya guna mempersiapkan diri untuk buka kembali. Ia merasa sejauh ini restorannya mampu bertahan.

Lucy mengatakan ia turut merasa sedih banyak orang belum dapat bekerja kembali dan harus tinggal di rumah. Menurut Lucy, kini mereka punya harapan lagi setelah perintah untuk tinggal di rumah dicabut, dan ia merasa sangat bersyukur.

PSBB Berkurang, Restoran, Salon dan Rumah Ibadah Kembali Buka di California
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:28 0:00

Pejabat kesehatan publik, Senin (1/2) mengatakan California akan kembali pada kebijakan berdasarkan keadaan masing-masing county dalam rangka membatasi penyebaran virus. Pihak pemerintah setempat dapat saja memilih untuk tetap menerapkan peraturan yang ketat. Negara bagian tersebut juga mencabut peraturan jam malam yang diberlakukan dari pukul 22.00 hingga pukul 05.00.

Keputusan tersebut dibuat seiring membaiknya tren laju infeksi, jumlah orang yang dirawat di rumah sakit, kapasitas unit ICU dan vaksinasi. Pencabutan perintah tinggal di rumah tersebut juga didasarkan pada proyeksi yang menunjukkan kondisi di ICU membaik. Namun pejabat tidak menjelaskan data di balik ramalan tersebut. [aa/jm]

XS
SM
MD
LG